Multimedia |
بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيْـــــم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
“TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS
APLIKASI MULTIMEDIA”
By: "Sang Putri Al-Iatiqomah"
A. Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau
lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan
animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
B. Multimedia
Pembelajaran
Multimedia yang dirancang dengan baik membantu siswa
membangun model mental yang lebih akurat dan efektif daripada yang mereka
lakukan dari teks saja.
Dengan multimedia, kita mengintegrasikan objek media seperti teks, grafik, video, animasi, dan suara untuk mewakili dan menyampaikan informasi.
Proyek berbasis multimedia pembelajaran adalah metode pengajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam perjalanan merancang, merencanakan, dan memproduksi produk multimedia.
Dengan multimedia, kita mengintegrasikan objek media seperti teks, grafik, video, animasi, dan suara untuk mewakili dan menyampaikan informasi.
Proyek berbasis multimedia pembelajaran adalah metode pengajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam perjalanan merancang, merencanakan, dan memproduksi produk multimedia.
Produk multimedia berbasis presentasi, seperti
slide show terkomputerisasi, sebuah situs Web, atau video. Presentasi ini akan
mencakup bukti bahwa siswa sudah menguasai konsep-konsep kunci dan proses yang dibutuhkan
untuk mengajar dan akan menjadi sumber kebanggaan yang besar bagi mereka.
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat
bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk
pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan
belajar siswa (pola bermedia). Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang
dapat digunakan dalam pembelajaran
C. Konsep Multimedia
Teknologi multimedia adalah salah satu teknologi baru
dalam bidang komputer yang memiliki kebolehan untuk menjadikan media
pembelajaran lebih lengkap. Multimedia merangkum media dalam satu perisian
sehingga memudahkan guru untuk menyampaikan bahan pembelajaran dan pelajar
terasa terlibat dalam proses pembelajaran karena teknologi multimedia
memperbolehkan berlakunya interaktiviti.
Multimedia
merupakan gabungan data, suara, video, audio, animasi, grafik, teks dan
bunyi-bunyian yang mana gabungan elemen-elemen tersebut mampu dipaparkan
melalui komputer. Menurut Gayeski, D.M. (1992) “Multimedia ialah satu sistem
hubungan komunikasi interaktif melalui komputer yang mampu mencipta , menyimpan
, memindahkan, dan mencapai kembali data dan maklumat dalam bentuk teks,
grafik, animasi, dan sistem audio.” Jeffcoate (1995) mendifinisikan Sistem
Maklumat Multimedia sebagai suatu sistem yang menggunakan pelbagai kaedah
berkomunikasi (atau media). Menurut Phelps (1995) pula, multimedia adalah
kombinasi teks, video, suara dan animasi dalam sesebuah perisian komputer yang
interaktif. Schurman (1995) mendefinisikan multimedia sebagai kombinasi grafik,
animasi, teks, video dan bunyi dalam satu perisian yang direka bentuk yang
mementingkan interaksi antara pengguna dan komputer. Komputer yang mempunyai
perkakasan berupaya untuk melaksanakan perisian multimedia atau disebut juga
sebagai komputer multimedia.
D. Perangkat
Aplikasi Multimedia
1. Perangkat Keras
Perangkat
keras dalam multimedia pada umumnya adalah computer,yang terdiri atas
input,
output dan storage
a. Input : Keyboard, mouse, microfon, camera, scaner
b. Output : Monitor, speaker, headset, printer
c. Storage : Harddisk, CD, DVD, Flashdisk, card memory
2. Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau aplikasi yang mendukung untuk sarana multimedia antara lain :
Perangkat lunak atau aplikasi yang mendukung untuk sarana multimedia antara lain :
a. Pengolah teks : Notepad, wordpad, microsoft officeword,
open office.
b. Pengolah gambar : Adobe Photoshop, corel
draw,photoscape, phothoshine, 5d fly,
lightroom.
c. Pengolah Suara : Sound forge, sonic, adobe audition, cool
edit pro, guitar pro.
d. Pengolah Animasi : Macromedia flash, adobe flash,
swis,GIF animator.
e. Pengolah Video : U lead, windows movie maker, adobe
premiere, sony vegas.
E. Penerapan
Aplikasi Multimedia Dalam Pembelajaran
Proses
belajar di kelas lebih cenderung sering mengalami gangguan akibat factor
lingkungan seperti : Jumlah siswa yang terlalu banyak berakibat tidak
terpantau seluruh siswa sehingga tidak konsentrasi
Ruang yang berdekatan yang menimbulkan suara satu sama
lain salingberbenturan.
Perangkat peraga lebih banyak menggunakan perangkat papan tulis yang memakan waktu lebih banyak ketika dilakukan setiap penulisan materi pelajaran.
Perangkat peraga lebih banyak menggunakan perangkat papan tulis yang memakan waktu lebih banyak ketika dilakukan setiap penulisan materi pelajaran.
Berbagai
aplikasi multimedia dapat dilihat pada penjabaran berikut. Tampak bahwa
aplikasi multimedia sangat luas.
1. Aplikasi Presentasi
Multimedia
digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan
materi pembelajaran kepada peserta didik.
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan
materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal
dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Media ini cukup
efektif sebab menggunakan multimediaprojector yang memiliki jangkauan pancar
cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti
teks, video, animasi, image, grafik dansound menjadi satu kesatuan penyajian,
sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program ini dapat
mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik. Hal
ini didukung oleh teknologi perangkat keras yang berkembang cukup lama,
telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kegiatan presentasi. Saat
ini teknologi pada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat
presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang
presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan olehMicrosoft inc”
Corel presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan
terbaru perangkat lunak yang dikembangkan Macromedia inc, yang mengembangkan
banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.
2. ( CBT / Computer Based Training )
Multimedia
digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut
penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan
menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi
yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga
diperdengarkan.
3. Aplikasi Hiburan
3. Aplikasi Hiburan
Multimedia
digunakan dalam programprogram permainan untuk membentuk suasana yang lebih
menarik dan interaktif.
4. Aplikasi Pendidikan
4. Aplikasi Pendidikan
Multimedia
digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (
misalnya fisika, kimia dan matematika ) dengan cara konvensional.
5. Aplikasi Penyajian Informasi
5. Aplikasi Penyajian Informasi
Multimedia dapat
dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar,
dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik
dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
6. Aplikasi Interaktif
6. Aplikasi Interaktif
Kios adalah tempat
informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum ( misalnya mall atau
universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah
dalam mencari informasi.
7. Video Pembelajaran.
7. Video Pembelajaran.
Selain CD
interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD.
Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah
materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti
kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di
SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada
tumbukan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.
8. Internet
8. Internet
Internet, singkatan dari interconection and networking,
adalah jaringan informasi global, yaitu,“the largest global network of
computers, that enables people throughout the world to connect with each
other¨. Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT
(Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara
mandiri. “Through independent study, students become doers, as well as
thinkers” (Cobine, 1997). Para siswa dapat mengakses secara online dari
berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang
berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik, (Gordin
et. al., 1995).
F. Manfaat Penggunaan Aplikasi Multimedia Dalam Proses
Pembelajaran
Penggunaan multimedia dalam pembelajaran
mempunyai manfaat sebagai berikut:
1. Meningkatkan SDM guru
2. Membantu guru secara efektif
dan efisien dalam melakukan persiapan mengajar yaitu pembuatan alat peraga,
display, LKS, dll.
3. Kegiatan belajar mengajar
lebih menarik karena media yang dipakai dapat dilihat, bergerak, dan didengar.
4. Meningkatkan kemampuan
belajar dan kreativitas anak-anak secara aktif, langsung memanfaatkan komputer
sebagai alat bantu belajar.
5. Membuat suasana perpustakaan
lebih menarik dan menyenangkan anak, dengan program-program yang mengaktifkan
multimedia komputer yang ada.
G. Keuntungan
Dan Kelemahan Menggunakan Aplikasi Multimedia
1.
Keuntungan pembelajaran interaktif berbasis
multimedia antara lain:
a.
Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih
konkrit/nyata, sehingga mudah diterima siswa,
b.
Multimedia dapat mengatasi kendala ruang
dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di
rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok,
c.
Informasi pelajaran yang disajikan dengan
media yang tepat akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa,
d.
Penggunaan multimedia pembelajaran yang
tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan.
e.
Materi pembelajaran yang diterima siswa
menjadi lebih seragam (relatif sama) dan mengurangi resiko kesalahan konsep.
2.
Kelemahan
a.
Masih kurangnya tenaga ahli dalam pembuatan
dan penggunaan perangkat multimedia dalam pembelajaran.
b.
Akan menghabiskan biaya yang banyak.
c.
Kurang tepat untuk sekolah yang berada di
pedalaman.
Sekian dan Terimah Kasih
Semoga Bermanfaat
Wassalamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar