Minggu, 12 Mei 2019

TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG


بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

“TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLOG”


By: "Sang Putri Al-Istiqomah"

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dari waktu semakin canggih dan pesat di dukung pula oleh arus globalisasi yang semakin hebat. Langkah terpenting dalam pembinaan sumber daya manusia adalah meningkatkan kualitas di bidang pendidikan. Suatu bangsa yang maju dalam teknologi dan ilmu pengetahuan, mencerminkan bahwa bangsa tersebut memiliki pendidikan yang maju. Oleh karena itu, pendidikan harusnya mendapat perhatian baik pemerintah dan masyarakat pada umumnya, serta para pengelola pendidikan
pada khususnya. Proses belajar dan mengajar ada dua unsur terpenting dan dapat dipercaya mempengaruhi hasil pembelajaran yakni metode pengajarannya dan media pembelajaran. Pemilihan metode pengajaran akan sangat mempengaruhi penggunaan jenis media pembelajaran sesuai jenis tugas, respons dan tujuan pembelajaran, yang siswa harapkan termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, bahwa dapat dikatakan salah satunya fungsi yang utama media pembelajaran adalah untuk alat dalam bantu pembelajaran yang ikut mempengaruhi kondisi, iklim, dan lingkungan belajar yang diciptakan dan ditata oleh guru.
A.  Media Blog
Era globalisasi saat ini terjadi perubahan paradigma dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang berlangsung sekarang menghadapi dua tantangan. Tantangan yang pertama berasal dari adanya perubahan pandangan terhadap belajarnya itu sendiri. Tantangan kedua yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, yang
menawarkan berbagai kemudahan dalam pembelajaran. Terjadi pergeserannya orientasi belajar dikarenakan kemajuan dari teknologi yang sebelumnya dari luar (outside-guided) menjadi belajar dari diri sendiri (self-guided). Perkembangan blog di Indonesia sendiri awalnmya dimulai sekitar tahun 1999-2000, orang-orang Indonesia yang bertinggal di luar negeri yang mempeloporinya, dimana mereka memiliki akses informasi yang lebih cepat, terutama dari lingkungan pergaulan mereka. Hal tersebut sesuai dengan simpulan Silva (F.B Bruno, 2009 : 201-212) perkembangan akan teknologi dan komunikasi memungkinkan mudah mengakses produk dan jasa berhubungan dengan computer alatkomunikasi, aplikasi dan telekomunikasi. Konten blognya mereka yang menjadi berbahasa Indonesia, umumnya mereka adalah orang-orang web developer ataupun seorang web designer (Majalah Komputer Chip Spesial Blogging, edisi Oktober 2007,
hlm. 14-17). Sebuah pertemuan para blogger se- Indonesia pada 27 Oktober 2007, sehingga
kemudian ditetapkannya sebagai Hari Blogger Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat itu yakni Muhammad Nuh, mengimbau para blogger untuk menjadikannya blog sebagai sarana pemberdayaan, pencerahan dan edukasi bagi masyarakat. Melalui fungsi edukasi tersebut, (Soekartawi, 2005: 19), blog tentu saja bisa dimanfaatkan untuk mendukung prosesnya pembelajaran di madrasah. Menurut Bruner (sebagaimana dikutip Darsono) ada 3 tingkatan modus belajar yaitu: pengalaman abstrak (symbolic), pengalaman pictorial gambar (iconic), dan pengalaman langsung (enactive). Pengalaman langsung (enactive)
adalah mengerjakan, misalnya arti kata “lingkaran” dipahaminya langsung dengan menggambar atau membuat lingkaran. Pada tingkatan dua atau iconic (gambar/image), kata lingkaran dipahaminya dengan melihatkan foto, lukisan, gambar atau film. Hal tersebut sesuai pernyatan Husnati, Fatimah dan Ramlah (2009 : 4-19) tampilan online dalam bentuk email, blog (bulletin elektronik) disajiakan pendidik untuk member tahu siswa dan untuk para siswa berkomunikasi satu dengan lain dan semua bekerja sama lewat online.
B.  Manfaat Media Blog Bagi Pendidik
Sebagai bukti portofolio terkait profesionalitasnya, pengembangan prosesnya belajar yang bervariatif, sebagai media ajarnya dan pembelajaran, tempat berdiskusi, berbagi informasi dan berkomunikasi (Muhammad Adri, 2008:12). Relative murah biayanya dan bisa menembus ruang serta mengembangkan jaringan lebih luas antar guru merupakan keunggulan blog. Guru melalui blog dapat menuangkan gagasan atau idenya, menampilkan materi pelajarannya yang bisa diunduh siswa, tauttan link sebagai rujukan, memberikan tugas dan evaluasi belajar. Blog tersedia aplikasi komentar memberikan kemudahan akan interaksinya antara siswa dan guru. Guru dapat juga ”menularkan” ngeblog kepada siswa-siswa sebagai aktivitasnya.

Sekian dan Terimah Kasih

Semoga Bermanfaat

Wassalamu'alaikum Waraohmatulloohi Wabarokaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEDIA BERBASIS VIDEO

video بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDE...