بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيْـــــم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
“TEKHNOLOGI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLOG”
By: "Sang Putri Al-Istiqomah"
Perkembangan
teknologi dan ilmu pengetahuan dari waktu semakin canggih dan pesat di dukung
pula oleh arus globalisasi yang semakin hebat. Langkah terpenting dalam
pembinaan sumber daya manusia adalah meningkatkan kualitas di bidang
pendidikan. Suatu bangsa yang maju dalam teknologi dan ilmu pengetahuan,
mencerminkan bahwa bangsa tersebut memiliki pendidikan yang maju. Oleh karena
itu, pendidikan harusnya mendapat perhatian baik pemerintah dan masyarakat pada
umumnya, serta para pengelola pendidikan
pada
khususnya. Proses belajar dan mengajar ada dua unsur terpenting dan dapat
dipercaya mempengaruhi hasil pembelajaran yakni metode pengajarannya dan media
pembelajaran. Pemilihan metode pengajaran akan sangat mempengaruhi penggunaan
jenis media pembelajaran sesuai jenis tugas, respons dan tujuan pembelajaran,
yang siswa harapkan termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, bahwa
dapat dikatakan salah satunya fungsi yang utama media pembelajaran adalah untuk
alat dalam bantu pembelajaran yang ikut mempengaruhi kondisi, iklim, dan
lingkungan belajar yang diciptakan dan ditata oleh guru.
A. Media Blog
Era
globalisasi saat ini terjadi perubahan paradigma dalam dunia pendidikan.
Pendidikan yang berlangsung sekarang menghadapi dua tantangan. Tantangan yang
pertama berasal dari adanya perubahan pandangan terhadap belajarnya itu
sendiri. Tantangan kedua yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah
kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, yang
menawarkan
berbagai kemudahan dalam pembelajaran. Terjadi pergeserannya orientasi belajar
dikarenakan kemajuan dari teknologi yang sebelumnya dari luar (outside-guided)
menjadi belajar dari diri sendiri (self-guided). Perkembangan blog
di Indonesia sendiri awalnmya dimulai sekitar tahun 1999-2000, orang-orang
Indonesia yang bertinggal di luar negeri yang mempeloporinya, dimana mereka
memiliki akses informasi yang lebih cepat, terutama dari lingkungan pergaulan
mereka. Hal tersebut sesuai dengan simpulan Silva (F.B Bruno, 2009 : 201-212)
perkembangan akan teknologi dan komunikasi memungkinkan mudah mengakses produk
dan jasa berhubungan dengan computer alatkomunikasi, aplikasi dan
telekomunikasi. Konten blognya mereka yang menjadi berbahasa Indonesia, umumnya
mereka adalah orang-orang web developer ataupun seorang web designer (Majalah
Komputer Chip Spesial Blogging, edisi Oktober 2007,
hlm. 14-17).
Sebuah pertemuan para blogger se- Indonesia pada 27 Oktober 2007, sehingga
kemudian
ditetapkannya sebagai Hari Blogger Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika
(Menkominfo) saat itu yakni Muhammad Nuh, mengimbau para blogger untuk
menjadikannya blog sebagai sarana pemberdayaan, pencerahan dan edukasi bagi
masyarakat. Melalui fungsi edukasi tersebut, (Soekartawi, 2005: 19), blog tentu
saja bisa dimanfaatkan untuk mendukung prosesnya pembelajaran di madrasah.
Menurut Bruner (sebagaimana dikutip Darsono) ada 3 tingkatan modus belajar
yaitu: pengalaman abstrak (symbolic), pengalaman pictorial gambar (iconic),
dan pengalaman langsung (enactive). Pengalaman langsung (enactive)
adalah mengerjakan,
misalnya arti kata “lingkaran” dipahaminya langsung dengan menggambar
atau membuat lingkaran. Pada tingkatan dua atau iconic (gambar/image),
kata lingkaran dipahaminya dengan melihatkan foto, lukisan, gambar atau film. Hal
tersebut sesuai pernyatan Husnati, Fatimah dan Ramlah (2009 : 4-19) tampilan online
dalam bentuk email, blog (bulletin elektronik) disajiakan pendidik untuk member
tahu siswa dan untuk para siswa berkomunikasi satu dengan lain dan semua bekerja
sama lewat online.
B. Manfaat Media Blog Bagi Pendidik
Sebagai
bukti portofolio terkait profesionalitasnya, pengembangan prosesnya belajar
yang bervariatif, sebagai media ajarnya dan pembelajaran, tempat berdiskusi,
berbagi informasi dan berkomunikasi (Muhammad Adri, 2008:12). Relative murah
biayanya dan bisa menembus ruang serta mengembangkan jaringan lebih luas antar
guru merupakan keunggulan blog. Guru melalui blog dapat menuangkan gagasan atau
idenya, menampilkan materi pelajarannya yang bisa diunduh siswa, tauttan link
sebagai rujukan, memberikan tugas dan evaluasi belajar. Blog tersedia aplikasi
komentar memberikan kemudahan akan interaksinya antara siswa dan guru. Guru
dapat juga ”menularkan” ngeblog kepada siswa-siswa sebagai aktivitasnya.
Sekian dan Terimah Kasih
Semoga Bermanfaat
Wassalamu'alaikum Waraohmatulloohi Wabarokaatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar